Drug Utilisation and Discovery Research Group
 
Trivia Series:  Top 4 Productivity Apps to Support Your Work and Management System

Trivia Series:  Top 4 Productivity Apps to Support Your Work and Management System

(Oleh : Rafiqa Risky Efendi)

Setelah hampir seluruh kegiatan mulai berjalan kembali normal akibat pandemi, kita diharuskan beradaptasi dengan kondisi dan aktivitas seperti biasanya. Deadline dan tugas menjadi bagian keseharian mahasiswa dalam menjalani perkuliahan. Oleh karena itu, agar tetap produktif dan mengelola pekerjaan dengan mudah, diperlukan time and task management yang baik. Hal ini diperlukan untuk mengefisienkan dan menyeimbangkan antara aktivitas, tugas dan kehidupan sehari-hari baik individu maupun tim. Beberapa aplikasi muncul sebagai pendukung dan membantu kinerja pengguna dalam mengatur dan memaksimalkan aktivitas kita. So, inilah 4 management tools yang bisa kita gunakan sebagai mahasiswa.

Google Calendar

Google Calendar, aplikasi yang dikembangkan google ini tidak hanya berfungsi sebagai kalender biasa. Bagi kita yang memiliki banyak agenda dan aktivitas secara berulang setiap hari akan sangat terbantu dengan penggunaan Google Calendar. Dengan tool ini kita dapat merencanakan, mengatur meeting dan mengingat kegiatan yang akan datang

Aplikasi ini dapat diakses secara gratis di komputer maupun smartphone dengan alamat email yang sama. Beberapa smartphone aplikasi Google Calendar disertakan sebagai aplikasi default

Fitur dan tampilan dari Google Calendar terlihat sederhana dan mudah dipahami. Berikut beberapa fitur menarik yang tersedia pada Google Calendar.

Kita dapat menggunakan Google Calendar untuk membuat agenda sekali maupun berulang dengan mengundang beberapa orang melalui alamat email, sehingga mereka akan mendapatkan notifikasi agenda yang akan kita adakan melalui email yang terkirim.  Selain itu, kita dapat menyimpan dan mengingat to do list yang akan kita lakukan di waktu dan tanggal tertentu.

Google Calendar juga dapat langsung terintegrasi dengan aplikasi lain di Google seperti Google Meet. sehingga memudahkan kita dalam mengkoordinasi secara tim. Akan tetapi penggunaan tool Google Calendar digunakan  untuk sesama aplikasi Google dan untuk diintegrasikan dengan aplikasi lain diperlukan fitur sinkronisasi dengan Google Calendar.

Notion

Notion, aplikasi berbasis web ini memiliki banyak fungsi (all-in-one) seperti knowledge management, task/project management, dan database Fitur-fitur yang tersedia memudahkan pengguna dalam merencanakan dan mengerjakan sesuatu seperti menulis, mengagendakan dan berkolaborasi bersama tim. Fitur dan tampilan pada Notion ini lebih modern dibandingkan management tools lainnya. 

Fitur-fitur yang tersedia diantaranya yaitu menyimpan catatan. Dengan Notion catatan yang bisa dibuat bukan hanya teks biasa, dalam tool ini kita bisa membuat list, menambahkan gambar, video hingga format pekerjaan. Terdapat berbagai template yang dapat digunakan dalam Notion ini sehingga pengguna tidak akan bosan dengan tampilan fitur yang monoton. Dengan mengatur dan menata catatan ini dapat memudahkan kita untuk tracking task, brainstorming, pencatatan meeting, to do list dan lain-lain yang dapat terintegrasi dalam satu tempat.

Kita juga dapat  menambahkan agenda, task dan project dan daftar prioritas yang akan dikerjaan lengkap dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Selain itu aplikasi Notion ini dapat di setting ke dalam multiple view sehingga akan lebih mudah untuk melihat berbagai macam task, project, agenda hingga catatan yang telah dibuat. Notion juga memiliki fitur terintegrasi yang mudah seperti dengan Gmail dan Google Calendar. Akan tetapi, fitur-fitur yang didapatkan dalam free access sangat terbatas, sehingga untuk memperluas dan merasakan fitur personal atau pro kita dapat menggunakan email akademik atau harus berlangganan terlebih dahulu. 

Trello

Trello adalah aplikasi task management dengan prinsip kanban method yang memudahkan untuk mengatur agenda dan koordinasi baik aktivitas pribadi maupun tim.  Dengan aplikasi Trello kita dapat membagi dan memantau progres dari aktivitas kerja tim. SEhingga kolaborasi dalam tim secara virtual dapat dilakukan tanpa perlu adanya pertemuan dan diskusi secara langsung.

Trello memiliki tampilan yang unik dengan  diisi dengan papan tulis dan sticky notes yang berisi list tugas atau aktivitas yang akan datang, data, deadline, anggota yang bertugas  dan dokumen.

Fitur board di dalam Trello berisi list berbagai project atau tugas sesuai dengan kategori tertentu. Misalkan prioritas, yang akan datang sedang dikerjakan dan selesai. Dalam board ini kita dapat mengetahui riwayat aktivitas tim yang sedang atau telah dilakukan melalui kotak-kotak yang diberi nama sesuai dengan aktivitasnya atau kepentingannya. Kita juga bisa mengatur prioritas pekerjaan yang lebih penting dengan memindahkan list tugas ke kotak prioritas. Privasi dan background board dapat di setting sesuai dengan tim. Selain itu juga kita dapat mengatur penambahan dan penghapusan list aktivitas atau project yang sudah dikerjakan di dalam board pada fitur menu.

Trello juga memiliki fitur card, fitur ini sejenis sticky notes. Sticky notes ini dapat diisi dengan kepentingan tertentu seperti revisian, waktu tenggat, orang yang bertanggung jawab, ide tambahan dan informasi lainnya.

Penggunaan Trello harus dalam keadaan online atau terhubung dengan internet. Trello dapat diakses dengan Windows, Android, iOS maupun Mac. Fitur gratis yang ditawarkan terbatas sehingga perlu pembayaran dan langganan untuk mengakses fitur lebih leluasa. Trello dapat terintegrasi dengan  aplikasi penunjang lainnya seperti Gmail dan Google Drive.

Slack

Aplikasi Slack sangat berperan dalam komunikasi dan kolaborasi tim secara online. Dalam aplikasi ini kita dapat mengirim pesan, file dan tugas lainnya dalam satu platform. Pesan dan informasi  yang akan disampaikan ataupun didiskusikan dapat di setting menjadi channel dan direct message. Slack memiliki tampilan yang mudah dipahami dan sederhana

Fitur utama Slack yaitu channel yang dapat dibuat untuk setiap topik dan instansi yang berbeda. Kita dapat komunikasi dan mengkoordinasikan suatu tim dengan membuat channel. Dalam channel juga dapat menambahkan deskripsi dan topik channel tersebut, sehingga lebih efisien dan praktis. Pesan yang terdapat dalam channel dapat disematkan dan dapat mention nama member sehingga seluruh member channel dapat melihat. Fitur lainnya yaitu penulisan informasi dapat diformat seperti pada Word dan Google document seperti bold, point- point dan penambahan link. Kita juga bisa menanggapi pesan yang dikirimkan member di dalam channel dengan emoji dan reply.

Channel dalam Slack bersifat publik, sehingga siapa saja yang memiliki link URL dapat bergabung dalam channel itu sendiri. Untuk dapat berkomunikasi secara individu dan privat dengan salah satu anggota dapat menggunakan fitur direct message.

Slack dapat tersedia dan terhubung untuk semua perangkat seperti handphone, laptop maupun komputer. Namun, penggunaan aplikasi pada laptop dan komputer lebih kompatibel dibandingkan dengan handphone. Slack dapat diakses dan diunduh melalui App Store dan Google Play. Tersedia fitur gratis dan berbayar, fitur gratis tersedia hanya beberapa fitur, shingga untuk dapat menikmati fitur-fitur yang canggih dapat diakses dengan berlangganan dan berbayar. Fitur berbayar diantaranya yaitu arsip pesan yang tidak terbatas, channel bersama dan lain sebagainya. Selain itu Slack dapat terintegrasi dan terhubung dengan berbagai tool apps lainnya seperti Trello dan Evernote